Kegiatan Operasional Biro Brilink
Kegiatan operasional di Agen BRILink meliputi:
Prosedur umum dalam SOP Agen BRILink Transaksi BRILink melalui EDC BRI, Pelanggan sanggup melaksanakan transaksi BRILink dengan 2 (dua) cara, yaitu:
Pelanggan memakai uang tunai (cash)
- Agen BRILink menanyakan kebutuhan Pelanggan dalam transaksi BRILink (pembayaran tagihan, pembelian, transfer, setor, tarik, dl Agen BRILink melaksanakan transaksi dengan memakai kartu ATM milik Agen BRILink sesuai kebutuhan Pelanggan.
- Agen BRILink meminta uang tunai kepada Pelanggan sejumlah nominal transaksi ditambah dengan biaya transaksi sesuai dengan ketentuan tarif layanan BRILink.
- Agen BRILink mencetak 2 (dua) struk transaksi ialah customer copy dan merchant copy
- Agen BRILink menyerahkan struk transaksi (customer copy) kepada Pelanggan sebagai bukti bahwa transaksi berhasil dilakukan
- Agen BRILink meminta nasabah untuk menandatangani struk yang bertanda merchant copy untuk kemudian Agen BRILink menatakerjakan struk transaksi yang bertanda merchant copy yang telah ditandatangani
- Dalam hal struk tidak keluar, distributor BRILink wajib melaksanakan hal-hal sebagai berikut
- mencetak mutasi rekening pada hidangan Informasi-> Statement
- Jika transaksi tidak tercatat di mutasi rekening: Transaksi tidak berhasil.
- Jika transaksi tercatat di mutasi rekening: Transaksi berhasil. Pada H+1 distributor BRILink wajib mengkonfirmasi status transaksi ke Call Center dengan menyebutkan Tanggal transaksi, ID Pelanggan, nominal, Terminal ID EDC dan nomor Agen
- Agen BRILink sanggup memastikan transaksi berhasil atau tidak dengan melaksanakan panggilan ke Layanan Call Center BRI ialah 14017
- Untuk transaksi pembelian pulsa Agen mengarahkan pelanggan untuk menyidik saldo sesudah transaksi tersebut dilakukan. Apabila saldo bertambah maka distributor sanggup meminta biaya kepada nasabah atas transaksi tersebut
- Untuk transaksi pembelian token PLN prabayar, Agen biar menghubungi Call Center 14017 untuk menanyakan nomor token PLN pelanggan. Apabila terdapat arahan token PLN maka distributor sanggup menawarkan isu arahan tersebut kepada pelanggan dan meminta biaya untuk transaksi tersebut.
- Agen BRILink mencatat transaksi Pelanggan pada buku register transaksi
Untuk Pelanggan yang memakai kartu ATMnya sendiri
- Agen BRILink menanyakan kebutuhan Pelanggan dalam transaksi BRILink (pembayaran tagihan, pembelian, transfer, setor, tarik, dll
- Agen BRILink memandu Pelanggan untuk melaksanakan transaksi sesuai kebutuhan Pelanggan memakai kartu ATM milik Pelanggan di mesin EDC sejumlah nominal transaksi Pelanggan (lihat petunjuk transaksi EDC)
Registrasi Tbank tanpa Aplikasi Di HP
- Pelanggan tiba ke Agen BRILink mengisi form pendaftaran Tbank dan menawarkan copy identitas pelanggan.
- Agen BRILink mencatat Registrasi Pelanggan pada buku register
- Meminta Petugas Bank yang ditunjuk BRI untuk sanggup mengambil form pendaftaran Tbank yang terdapat di Agen.
- Setelah data/formulir yang dikirimkan oeh Agen BRILink diterima Unit Kerja, Uker kemudian melaksanakan input pada sistem untuk melaksanakan pendaftaran Tbank
- Setelah rekening gres tbank terbentuk, kemudian pelanggan akan mendapat SMS Notifikasi dari BRI sebagai bukti bahwa proses regsitrasi berhasil dilakukan
Penanganan Uang yang diragukan keasliannya
Pada ketika Agen melayani transaksi nasabah sanggup menemui uang yang diragukan keasliannya dan belum terbuku. Atas inovasi tersebut, maka Agen sanggup melaksanakan hal-hal sebagai berikut:- Memberikan penjelasan kepada nasabah bahwa uang tersebut diragukan keasliannya menurut ciri keaslian uang dari Bank Indonesia
- Menawarkan kepada nasabah untuk meminta penjelasan pribadi kepada melalui Unit Kerja BRI terdekat
Kegiatan Akhir Hari
- Kegiatan final hari dilakukan sesudah seluruh acara operasional layanan BRILink pada tanggal yang sama selesai dilakukan
- Agen BRILink wajib mencetak Summary Transaksi dan detail transaksi melalui hidangan EDC BRILink
- Agen BRILink melaksanakan rekapitulasi jumlah seluruh nominal transaksi Pelanggan dan biaya transaksi pada tanggal yang sama pada buku register Pelanggan
- Agen BRILink mencocokan rekapitulasi jumlah nominal transaksi pada buku Register Pelanggan dengan seluruh struk transaksi (merchant copy) dan summary transaction EDC di tanggal yang sama
- Buku Register Pelanggan Summary Transaction EDC Seluruh struk Merchant copy
- Agen menatakerjakan formulir pendaftaran Tbank, copy identitas pelanggan dan buku register serah terima Dokumen BRI Di Agen BRILink.
