Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tips Yang Saya Lakukan Untuk Mengatasi Kebiasaan Tiba Terlambat (Ngaret)

 Fenomena ngaret atau tiba terlambat ialah sesuatu yang sering dijumpai dalam masyaraka 12 Tips Yang Saya Lakukan Untuk Mengatasi Kebiasaan Datang Terlambat (Ngaret)

Fenomena ngaret atau tiba terlambat ialah sesuatu yang sering dijumpai dalam masyarakat. Baik itu disengaja atau tidak. Itu merupakan kebiasaan jelek yang harus dihilangkan.

Kalau untuk yang terlambat yah tidak masalah, tapi bagaimana mereka yang menunggu Anda. Bukankah sangat menyebalkan menunggu seseorang yang tak kunjung datang.

Dengan tiba terlambat bukan hanya orang lain yang Anda rugikan, tetapi diri Anda sendiri. Bukankah sangat merepotkan bila tiap hari harus terburu-buru alasannya administrasi waktu yang buruk.

Apalagi pertemuan yang ingin Anda hadiri ialah pertemuan yang sangat penting mirip janjian untuk bertemu calon investor, wawancara pekerjaan, bertemu calon mertua, dan lain-lain.

Untuk menjadi orang sukses Anda harus bisa disiplin waktu. Coba saja tengok negara Jepang yang sangat populer dengan disiplin waktunya. Maka tidak heran bila Jepang menjadi negara maju dan berkembang pesat.

Apa bisa kita mirip mereka? Tentu saja bisa. Selama kita mempunyai kemauan dan impian untuk berusaha maka tidak ada yang tidak mungkin.

Untuk bisa sempurna waktu perlu administrasi waktu dan konsistensi yang berpengaruh untuk menerapkannya. Kemauan untuk berubah harus tiba dari hati, bukan alasannya paksaan dari pihak lain.

Namun bagaimana bila saya tergolong orang yang sulit merubah kebiasaan?

Tenang saja, alasannya di postingan ini akan dipaparkan wacana tips bagaimana biar kita bisa sering tiba sempurna waktu. Berikut klarifikasi lengkapnya :

1. Siapkan Waktu Satu Jam Sebelum Berangkat Untuk Merilekskan Pikiran.

Sebelum berangkat ke pertemuan sebaiknya sediakan waktu sekitar satu jam untuk sekedar merilekskan pikiran.

Gunakan waktu ini untuk mengecek hal-hal yang mungkin Anda lupakan mirip membawa handphone, menyisir rambut, merapikan pakaian, atau memanaskan mesin kendaraan.

Luangkan pula waktu untuk sarapan biar perut Anda nantinya tidak keroncongan pada ketika pertemuan.

Sempatkan juga untuk sekadar mengobrol dan berbincang-bincang dengan keluarga di rumah biar keluarga Anda tetap harmonis.

Bila Anda sudah merasa siap untuk berangkat dan waktunya masih agak usang maka tidak ada salahnya untuk berangkat lebih cepat untuk mengantisipasi kemungkinan jelek yang ada di jalan mirip macet.

Baca Juga :17 Cara Menciptakan Kebahagiaan Kecil Di Tengah Kesusahan

2. Catat Semua Jadwal Rapat Atau Pertemuan

Dengan mencatat semua acara pertemuan maka akan meminimalisir kemungkinan untuk lupa menghadiri pertemuan.

Makara apabila kita telah mencatat semuanya dan memperkirakan waktunya sehingga akan memperkecil resiko terlambat.

Kelompokkan acara tersebut menurut tingkat kepentingannya. Prioritaskan pertemuan yang penting dahulu. Kalau memang tidak terlalu penting dan mendesak mungkin bisa dijadwalkan nanti.

 Apabila telah selesai melaksanakan suatu pertemuan mungkin Anda bisa menchecklist atau mencoretnya biar ketika Anda melihat catatannya ada sedikit kepuasan yang Anda rasakan. Setidaknya semua acara itu tidak bertumpuk dan Anda telah menyelesaikannya sebagian.

Ketika melaksanakan pertemuan, fokuskan segala perhatian Anda hanya pada pertemuan itu. Usahakan duduk kasus yang dibahasa pada pertemuan itu selesai sehingga nantinya tidak ada lagi pertemuan-pertemuan lanjutan yang seharusnya tidak perlu.

3. Buat Pengingat atau Alarm di Ponsel

Selain menulis semua acara di kertas, mungkin Anda juga bisa menaruhnya di ponsel Anda. Ada kelebihan tersendiri bila menaruh di ponsel alasannya ada fitur alarm atau pengingat.

Setidaknya ketika terjadi suatu hal yang tidak di inginkan dan tiba-tiba Anda lupa kalau ada pertemuan dalam beberapa saat, Anda bisa pribadi diingatkan oleh alarm.

Makara alarm ini fungsinya untuk berjaga-jaga saja dikalau Anda lupa.

Dalam menciptakan pengingat, upayakan untuk mengatur waktunya lebih cepat beberapa menit sebelum acara sebenarnya. Ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

4. Minta Bantuan Teman/Bawahan Untuk Mengingatkan

Meminta dukungan sobat juga bisa menjadi alternatif untuk berjaga-jaga kalau Anda lupa. Kalau bisa pilihlah sobat yang sudah terbiasa sempurna waktu alasannya mereka yang sempurna waktu niscaya sudah terpelajar memperkirakan waktu dan sangat jarang lupa.

Hindari meminta tolong pada orang yang tidak disiplin waktu kemungkinan justru mereka sendiri yang akan lupa.

Bila jasa sobat Anda itu menciptakan Anda merasa tertolong, maka bolehlah sekali-kali Anda menraktirnya untuk sekadar ucapan terima kasih.

Tidak harus mewah-mewah, yang terpenting mereka bisa merasa berkhasiat bagi orang lain.

Baca Juga : 7 Cara Bagaimana Cara Anda Bisa Dipercayai Oleh Orang Lain

5. Hormati Orang Lain


 Fenomena ngaret atau tiba terlambat ialah sesuatu yang sering dijumpai dalam masyaraka 12 Tips Yang Saya Lakukan Untuk Mengatasi Kebiasaan Datang Terlambat (Ngaret)

Ketika menciptakan kesepakatan kepada siapapun, hargailah orang itu. Tidak peduli ia orang penting atau bahkan orang tidak penting sekali pun Anda harus menepati kesepakatan Anda untuk bertemu.

Jangan alasannya Anda menganggap remeh orang lain sehingga Anda seenaknya saja membatalkan kesepakatan secara sepihak. Sungguh itu akan sangat mengecewakan hati orang lain.

Sikap menghormati orang lain harus ditanamkan dalam benak Anda sehingga menjadi kebiasaan aktual yang akan membawa Anda ke arah yang lebih baik.

6. Belajar Memprediksi Waktu Yang Di Butuhkan

Dalam menjalani hidup niscaya Anda telah melewati hari-hari sebelumnya di masa lalu. Ketika Anda berangkat ke kantor, niscaya sebelumnya Anda telah pernah berangkat ke kantor kecuali memang Anda gres pertama masuk.

Nah, dari situ Anda harus berguru memperkirakan waktu yang Anda butuhkan sebelum hingga ke kantor.

Berapa menit di kamar mandi, meja makan, mengganti pakaian, memanaskan mesin motor, dan diperjalan sebelum hingga ke kantor.

Cobalah untuk memperhitungkan berapa usang waktu yang diperlukan untuk melaksanakan semua itu. Satu jam, satu setengah jam, atau dua jam.

Ketika Anda telah mengetahuinya maka Anda bisa mengatur diri Anda untuk bisa berdiri beberapa ketika sebelum melaksanakan acara tersebut.

7. Persiapkan Semua Hal Sebelumnya

Hal ini dilakukan bertujuan untuk menghindari perilaku terburu-buru sebelum ke program pertemuan. Terlebih lagi bila pertemuan yang dihadiri itu berupa presentasi. Pastinya Anda sangat membutuhkan persiapan yang matang.

Di malam hari sebelum Anda berangkat esoknya, Anda bisa mengecek semua yang akan Anda butuhkan esok hari.

Misalnya pakaian yang akan Anda kenakan apakah sudah dicuci atau belum, apakah sudah di setrika atau belum.

Periksa semua hal-hal teknis yang mungkin akan merepotkan Anda di pagi harinya. Kalau bisa disiapkan secepatnya lebih baik usahakan daripada harus menunggu esok hari.

Dan kalau memang tidak bisa dipersiapkan secepatnya maka bisa esok hari.

Intinya persiapkan saja apa yang harus Anda persiapkan sesuai kondisinya. Tidak usah terlalu terburu-buru dan jangan pula terlalu santai.

8. Isi Tangki Bensin Anda Saat Mencapai 1/4 Tangki

Hal yang tak kalah pentingnya sebelum menghadiri program pertemuan penting ialah bensin. Kan tidak lucu kalau semua persiapan sudah matang, gaya sudah oke, dan tinggal berangkat tetapi bensin kendaraan kita habis.

Bayangkan Anda sedang di tengah perjalanan kemudian bensinnya habis, kan repot jadinya. Masih anggun kalau daerah kendaraan Anda berhenti itu erat dari lokasi pengisian bensin. Coba kalau jauh, niscaya akan ribet sekali.

Maka dari itu pentingnya untuk selalu memerhatikan tangki bensin kendaraan. Bila isi tanki sudah seperempatnya, sebaiknya segera diisi. Memang duduk kasus ini sepele tapi ancaman juga kalau dibiarkan alasannya bisa bikin stres juga.

9. Pergi 10 Menit Lebih Awal

Tidak ada salahnya untuk pergi lebih awal ke pertemuan sepuluh menit lebih awal dari waktunya bila memang pertemuan yang ingin Anda lakukan itu penting.

Terlebih lagi bila orang yang ingin Anda temui akan memengaruhi hidup Anda di masa mendatang.

Sangat disarankan untuk menciptakan kesan pertama yang anggun dengan tiba sempurna waktu. Pada umumnya, orang yang sempurna waktu akan lebih gampang dipercayai alasannya lebih bisa diandalkan.

Kalau urusan waktu saja bisa diatur bagaimana dengan urusan kerja sama.

Datang sepuluh menit lebih awal juga baik untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang tak terduga selama perjalanan berupa macet dan yang lainnya.

10. Hilangkan Kebiasaan “Ah, tanggung!” Sebelum Berangkat

Sebelum pergi, ada baiknya Anda menghindari melaksanakan hal yang ujung-ujungnya bisa menciptakan Anda menyampaikan “Ah, tanggung!”.

Seperti contohnya bermain game, menonton TV, chatting, membaca cerita,  berbaring sejenak, dan hal-hal lain yang bisa menciptakan Anda menunda waktu.

Ada baiknya bila Anda melaksanakan persiapan dan mengecek kembali apa yang Anda butuhkan di pertemuan nanti. Pikirkan semuanya matang-matang biar nanti tak mengecewakan.

Anda bisa bernanyi-nyanyi kecil sambil merilekskan pikiran sebelum berangkat. Pikiran yang rileksa di pagi hari akan membawa energi aktual pada diri Anda.

Baca Juga : Ingin Makara Orang Beruntung Seumur Hidup ? Begini Caranya

11. Hindari Multitasking Sebelum Berangkat

Jangan membagi fokus Anda ke banyak permasalahan alasannya itu hanya akan memusingkan Anda. cukup fokus pada satu pertemuan saja dahulu.

Jangan hingga Anda terfokus mempersiapakan satu pertemuan sambil mempersiapkan pertemuan yang laiinya. Percayalah, hal itu hanya akan menciptakan Anda panik dan terkadang menjadi pelupa.

Alangkah baiknya bila fokus pada satu pertemuan. Lalu nanti sehabis pertemuan itu berakhir gres Anda beralih mempersiapkan pertemuan lainnya. Dengan begitu maka pikiran Anda akan lebih terarah dan tidak terburu-buru.

12. Hindari Membuat Janji Lebih Dari Satu Di Waktu Berdekatan

Dua pertemuan dalam waktu yang berdekatan ialah hal yang sebaiknya dihindari. Pasalnya ketika di salah satu pertemuan kita terlambat maka akan mempengaruhi pertemuan lainnya.

Akibatnya donasi yang kita berikan dalam pertemuan itu jadi tidak maksimal.

Seandainya dua pertemuan itu bisa diatur untuk pemberian waktu jeda maka alangkah bagusnya diberi waktu jeda.

Dengan begitu Anda jadi lebih punya waktu untuk merilekskan pikiran dan mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya.
...
Semoga dengan membaca artikel ini sanggup menunjukkan motivasi kepada Anda untuk lebih sempurna waktu. Ingatlah sahabat, waktu itu menyerupai pedang bermata dua.

Ketika kita bisa mengaturnya dengan baik maka ia akan sangat berkhasiat bagi kita. Tetapi bila kita tak bisa mengaturnya justru ia akan melukai kita.