Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

26 Istilah Orang Kantoran Yang Wajib Kau Tahu Agar Nggak Kudet

 Bagi orang awam yang gres menapaki dunia kantoran mungkin akan sedikit mengalami kendala 26 Istilah Orang Kantoran Yang Wajib Kamu Tahu Biar Nggak Kudet

Bagi orang awam yang gres menapaki dunia kantoran mungkin akan sedikit mengalami kendala pada ketika pembiasaan terhadap lingkungan kantor.

Pada ketika berinteraksi dengan orang kantor, mungkin mereka terkadang memakai istilah-istilah yang sangat absurd bagi Anda, terutama yang masih baru.

Maka dari itu, berikut akan dijelaskan beberapa istilah-istilah yang sering digunakan orang kantoran.

1. PIC

PIC ialah abreviasi dari Person In Charge, merupakan istilah yang merujuk kepada siapa yang bertanggung jawab menangani suatu hal tertentu.

2. Meeting / Briefing

Meeting atau Briefing secara sederhananya dapat juga disebut rapat. Mungkin alasannya ialah kata rapat dianggap nggak keren jadi diganti jadi “meeting” atau “briefing”.

3. ASAP

ASAP atau yang biasa disebut As Soon As Possible dapat diartikan sesegera mungkin. Biasanya ketika ada sesuatu yang mendesak, kata ini digunakan untuk mengatakan undangan atau perintah yang harus cepat diselesaikan. Dan biasanya bersifat sangat dadakan.

4. Urgent

Urgent maknanya hampir sama dengan ASAP, hanya saja ia lebih mengacu pada sesuatu yang benar-benar “gawat” dan butuh perhatian, serta penanganan yang diprioritaskan.

Baca Juga : 9 Solusi Tepat Untuk Kamu Yang Suka Menunda-Nunda Pekerjaan

 5. TBO

TBO atau To Be Obtained merujuk kepada suatu hal yang harus dilengkapi biasanya berkaitan dengan dokumen atau berkas-berkas penting.

6. Thanks God It’s Friday

Adalah hari yang sangat membahagiakan bagi kaum kantoran. Terutama bagi karyawan dimana perusahaan daerah ia bekerja menganut sistem kerja 5 hari seminggu.

Pasalnya ada dua jam istirahat suplemen dengan alasan sholat jum’at.

7. Long Weekend

Long weekend artinya libur final pekan yang setidaknya ada 3 hari. Untuk karyawan yang bekerja lima hari dalam seminggu niscaya sangat gembira.

Long Weekend ditandai dengan adanya hari libur umum pada hari Jum’at atau Senin.

8. FYI

Bisa juga dikatakan For Your Information, artinya informasi yang ditujukan kepada Anda atau orang tertentu.


9. Training

Atau yang lebih simpelnya dapat juga diartikan sebagai pelatihan.

10. Overtime

Overtime ialah istilah lain yang mempunyai maksud yang sama dengan kata “lembur”.

11. Follow Up

Merujuk kepada suatu pekerjaan yang belum selesai dan perlu disegerakan untuk menyelesaikannya. Suatu kata yang sangat gampang diucapkan tetapi sulit dijalankan.

12. 925

925 atau dapat juga disebut Nine To Five, ialah standar waktu kerja internasional. Namun Indonesia menerapkan waktu kerja 825 dan itupun masih kurang optimal dan masih ada suplemen overtime jikalau ingin menuntaskan pekerjaan.

13. Tentative

Adalah kata yang menggambarkan suatu keputusan yang sangat tidak jelas. Misalnya pada ketika meeting dengan suasana yang sangat tidak produktif dan membosankan.

Maka keputusan yang diambil akan sangat tentative. Yang penting cepat selesai.

14. After Lunch

Menunjukkan waktu sesudah makan siang atau sekitar jam satu siang. Kata ini biasa digunakan untuk janjian antara sesama manager atau diatasnya.

15. Coffee Break

Adalah istirahat sejenak sambil meminium kopi. Atau istilah gaulnya “ngopi”. Hal ini biasa dilakukan oleh karyawan malas yang tidak produktif. Bos sendiri biasanya punya kegiatan coffee break maksimal 2 jam sehari.

16. Legalitas

Menyangkut pelantikan suatu dokumen atau hak resmi yang dimiliki perusahaan. Istilah ini biasa digunakan bila perusahaan tersandung sengketa. Misalnya dalam hal tanah atau suatu bangunan.

 17. 13th Salary / Bonus

Siapa sih yang tidak suka bonus. Pasti hal ini yang sangat dinanti para karyawan. Dimana divisi-divisi yang bermusuhan dan berseteru tiba-tiba bersatu padu dalam kekompakan yang harmonis.

18. Outing / Outbound

Inisiatif management perusahaan dalam merefresh kembali karyawannya. Diharapkan karyawan dapat jadi lebih bugar dan saling bekerja sama dalam menghadapi permasalahan di kantor.

Dan terkadang para karyawan memperoleh hasil yang jauh lebih maksimal dari pada sekedar bugar.

19. 24/7 (Twenty Four Seven)

Adalah waktu kerja 24 jam sehari selama seminggu. Kalimat kejam para bos untuk mengintimidasi tangan kanannya sambil diiming-imingi bonus yang menggiurkan.

20. Pantry

Adalah ruangan kecil yang multifungsi. Umumnya digunakan oleh para OB untuk bikin kopi, menyiapkan sarapan, dan sejenisnya. Makara agak menyerupai dapur.

Namun kadang juga biasa digunakan untuk daerah merokok, bergosip, pokoknya multifungi lah.

21. OB (Office Boy)

Adalah petugas yang tugasnya bantu-bantu dalam sebuah perusahaan menyerupai membersihkan lantai, bikin kopi, merapikan ruangan, dan menyidik hal teknis lainnya.

22. Mesengger

Merupakan orang yang tugasnya mengantar sesuatu ke banyak sekali daerah menyerupai dokumen-dokumen penting.

Dan tak jaran jadi korban kejahilan karyawan yang ingin mengirimkan kado ke pacarnya yang tempatnya agak jauh dari perusahaan.

23. JOBDESC

JOBDESC atau tak lain ialah Stands for Job Description ialah detail pekerjaan karyawan yang dituang dalam kontrak kerja. 80% dari JobDesc Terkadang dianggap sepele dan diabaikan.

Sebaliknya, apabila honor dipotong 80% justru akan menjadi tragedi dan malapetaka.

24. Man Behind The Desk / Orang Kantoran

Adalah ledekan yang sering digunakan para tenaga operasional lapangan pada karyawan administrasi, apalagi mereka yang berdasi.

Namun kebanyakan karyawan manajemen menyikapinya dengan bijak, mereka biasa mengambil keputusan dengan menahan gaji, memotong uang lembur, serta penyulitan dalam hal manajemen lainnya. Tentu saja dengan alasan cerdas yang bersifat teknis dan membingungkan.

Baca Juga : 7 Trik Jago Berbicara di Depan Umum yang Digunakan Para Ahli

25. AFFAIR

Atau biasa juga disebut SELINGKUH (some might says) kepanjangannya SELingan INdah KeluarGa UtuH. Salah satu dari sekian hal yang menciptakan semangat tiba ke kantor.

26. I Hate Monday

Ungkapan yang terucap seminggu sekali. Biasanya di hari Senin pagi di ketika masih ngantuk-ngantuknya. Hidup terasa sangat berat dan membosankan. Terlebih lagi kalau pekerjaan menumpuk dan kegiatan meeting yang padat selalu membayangi.