Cireng Salju Mang Bonju Makanan Lokal Go Global
Tablidwirausaha.com –Inspirasi Wira Usaha Anda | kali ini tiba dari seorang pengusaha muda berbakat, yang gigih menjalankan usahanya hingga ketika ini. Penguasaha muda kelahiran Kota Kembang tahun 1983, tengah menggeluti perjuangan nya dengan mengangkat produk kuliner ringan tradisional yaitu Cireng. Beliau berjulukan Bapak Najib Wahab Mauluddin, ia mulai merintis perjuangan tersebut mulai dari tahun 2011 bersama seorang rekannya berjulukan Bapak Catur Gunandi.
Pertama kali ia menciptakan dan memasarkan cilok buatannya kepada teman-teman sekitar yaitu kantor, tetangga dan juga menjual produknya di Pasar Modern BSD Kota Tangerang Selatan, namun demikian Alhamdulillah respon dari penggemar Cireng buatan Pak Najib tersebut menerima respon cukup baik di masyarakat dan banyak yang repeat order, dengan Modal awal Rp.500 Ribu untuk membeli materi baku dan membayar 2 karyawan Pada Saat itu penjualan masih diangka 500 bungkus perhari.
Seiring dengan berjalannya perjuangan Bapak Najib ini terus berkembang sehingga untuk meningkatkan lagi omset penjualan, maka ia mengajak lagi sahabatnya Pak Dimas Aritedjo dan bergabunglah ia pada tahun 2013 untuk mengelola perjuangan bersama, sehingga kiprah dan tanggung jawab kita bagi bertiga Najib Wahab (Produksi dan Operation),Catur Gunandi (Finance dan HR) sedangkan Dimas Aritedjo Sebagai Marketing dan Branding. Kami bertiga mengelola secara profesional semenjak awal tahun 2014, dengan banyak perubahan pada kemasan, maskot, dan lain lain.
Saat ini Cireng Salju yang diproduksi oleh PT.Bonju Indonesia memiliki rumah produksi di Perumahan Sarua Makmur, Ciputat, Tangerang Selatan dengan lebih dari 80 karyawan tetap untuk menghandle produksi, packaging, pengiriman, SDM, keuangan, marketing dan social media. Jumlah karyawan selalu bertambah dengan meningkatnya orderan dan berkembangnya bisnis cireng salju. Alhamdulillah PT.Bonju bisa berkembang pesat selama 2 tahun terakhir ini selain dari kerjakeras semua team, kami juga menyisihkan 10% dari omset kami setiap bulan untuk kami keluarkan sebagai Zakat dan Sedekah, Karena kami percaya Sebaik-baik insan ialah yang paling bermanfaat bagi sesama manusia..." dan juga Zakat berarti subur atau tumbuh. Nah, sesuai dengan artinya ketika kita mengeluarkan sebagian harta kita untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak mendapatkan zakat, maka kita telah menyuburkan harta kita serta membuka jalan rezeki kita. (Subahanallah Barokallahu Fiikum .Red).
Berikut beberapa petikan dari Bapak Najib, mengapa ia lebih tertarik berwirausaha Cireng Salju.
1. Apa Yang Membuat Anda tertarik dengan perjuangan Cireng Salju?
Sebab kuliner dan minuman merupakan kebutuhan pokok setiap individu yang dibutuhkan setiap hari. Dan Modal awal untuk memulai perjuangan masakan relatif kecil, Target pasar nya pun tidak serumit perjuangan lain ditambah pada ketika 2011 saya sendiri masih bekerja di salah satu perusahaan Minyak terbesar diindonesia sehingga tidak mengecewakan agak susah dalam membuatkan waktu. Di kurun modern ini berbagai makanan-makanan luar yang menjamur sehingga kuliner masakan lokal lambat laun mulai terkikis alasannya ialah waktu, dengan optimisme kami justru menjadi salah satu peluang bisnis mengangkat kuliner lokal yaitu cireng salju dengan branding dan packaging yang menarik. Saat ini Bangsa Indonesia mengalami hambatan mengenai produk dalam negeri yang kalah saing dengan luar negeri dan masuknya produk produk luar negri yang seharusnya kuliner lokal bisa menjadi tuan rumah Indonesia alasannya ialah kebanyakan dari masyarakat Indonesia lebih banyak mengkonsumsi atau memakai produk luar daripada dalam Negri. Disini Cireng Salju ingin mengenalkan kepada masyarakat Indonesia mengenai Kuliner Lokal yang tidak kalah saing dengan Makanan dari Luar Negri.
2. Apa Yang Membuat Anda tertarik dengan perjuangan Cireng Salju?
Sebab kuliner dan minuman merupakan kebutuhan pokok setiap individu yang dibutuhkan setiap hari. Dan Modal awal untuk memulai perjuangan masakan relatif kecil, Target pasar nya pun tidak serumit perjuangan lain ditambah pada ketika 2011 saya sendiri masih bekerja di salah satu perusahaan Minyak terbesar diindonesia sehingga tidak mengecewakan agak susah dalam membuatkan waktu. Di kurun modern ini berbagai makanan-makanan luar yang menjamur sehingga kuliner masakan lokal lambat laun mulai terkikis alasannya ialah waktu, dengan optimisme kami justru menjadi salah satu peluang bisnis mengangkat kuliner lokal yaitu cireng salju dengan branding dan packaging yang menarik. Saat ini Bangsa Indonesia mengalami hambatan mengenai produk dalam negeri yang kalah saing dengan luar negeri dan masuknya produk produk luar negri yang seharusnya kuliner lokal bisa menjadi tuan rumah Indonesia alasannya ialah kebanyakan dari masyarakat Indonesia lebih banyak mengkonsumsi atau memakai produk luar daripada dalam Negri. Disini Cireng Salju ingin mengenalkan kepada masyarakat Indonesia mengenai Kuliner Lokal yang tidak kalah saing dengan Makanan dari Luar Negri.
3. Pertama kali mencar ilmu Masak ?
Jauh sebelum memulai perjuangan Cireng Salju ini semenjak kecil saya sering mencar ilmu memasak dari saudara di bandung. Makanan pertama yang dibentuk ialah Bubur Ayam, alasannya ialah hobby sekali makan bubur. Sejalan dengan waktu banyak mencar ilmu ,mencontoh dan mengasah feeling rasa sehingga menjadi paham cara menciptakan kuliner enak.
4. Asal mula nama perjuangan Cireng Salju
Asal mula nama Cireng Salju ini dikarenakan Cireng yang kami buat berwarna putih, lembut dan bersih, selain itu kami yakin karakteristik dari Bola Salju sendiri usang kelamaan akan menjadi besar.sehingga kami yakin dengan mengangkat nama cireng salju akan lebih gampang dalam hal brading dan orang lebih familiar dalam mendengar nama tersebut.
5. Berapa lama Anda bereksperimen?
Cireng pada umumnya jikalau sudah hirau taacuh tekstrunya keras,untuk itu saya mempunya konsep bagaimana cireng ini bisa empuk mempunya aroma amis untuk itu Saya bereksperimen sekitar 1 bulan, dari mulai campuran hingga sambal yang menciptakan ketagihan dan Alhamdulillah ketika ini menjadi andalan dari PT.Bonju Indonesia ini selain dari produk kami cireng salju ada juga yaitu Cuanki Salju dan Cilok Salju
6. Bagaimana mencari karyawan yang terampil?
Pada tahun 2011 kami mengalami pasang surut dalam menghire karyawan alasannya ialah sibuknya acara sehingga tidak bisa mengontrol 100 % semua karyawan baik dari attitude maupun integrity,Belajar dari kegagalan merekrut karyawan kami pelajari dan hal yang terpenting adalah, pertama kali ialah Selektif dalam Menerima karyawan dalam segi Attitude dan tingkah laris sehabis itu kami Mengembangkan Kualitas Karyawan Baru dengan cara pembinaan dan coaching rutin serta Mempertahankan Karyawan Berpotensi dan Merekrut Karyawan Berkompeten Sebanyak Mungkin, Alhamdulillah ketika ini kami mempunya super team yang handal serta semua karyawan kami anggap keluarga dan Asset dalam perusahaan.
7. Bagaimana dengan pemasaran produk Cireng SAlju?
Cireng salju secara drastis dari jajanan sederhana dengan kemasan sederhana dan dipasarkan secara terbatas menjadi sebuah brand masakan tradisional terbaik di Indonesia, Saat ini sistem pemasarannya pribadi ke Distributor yang kami tunjuk setiap Wilayah Kota dan ketika ini kami memiliki ribuan reseller dari Sabang hingga Merauke. Bahkan konsumen cireng salju sudah banyak di luar negeri menyerupai di Jepang, Jerman, Malaysia, Taiwan, Qatar, Mesir, Belanda dll . Salah satu Cara kami dalam memasarkan ialah dengan jalur Online dan Offline
8. Siapa yang menciptakan desain Cireng Salju ?
Dalam memilih desain kami bertiga namun di lead oleh sahabat kami Dimas Aritejo sehingga merubah wajah cireng salju secara drastis dari jajanan sederhana dengan kemasan sederhana dan dipasarkan secara terbatas menjadi sebuah brand masakan tradisional terbaik di Indonesia, yang memiliki ribuan reseller dari Sabang hingga Merauke. Bahkan konsumen cireng salju sudah banyak di luar negeri menyerupai di Jepang, Jerman, Malaysia, Taiwan, Qatar, Mesir, Belanda dll
Cireng salju dikemas secara ekslusif dan bisa menaikkan pamor jajanan tradisional menjadi masakan kelas atas. Bahkan selain menjadi salah satu buah tangan wajib ke luar negeri, cireng salju juga sudah mulai dijadikan snack meeting untuk perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Dan sudah tidak terhitung artis-artis yang sangat menyukai cireng salju.
9. Berapa harga produk Cireng Salju ?
Saat ini harga di konsumen yang kami berlakukan ialah Untuk Cireng Rp.22 Ribu,Cuanki Rp.17 Ribu dan Cilok Rp.22 Ribu.Untuk wilayah Jabodetabek serta jawa barat sedangkan Kalimantan dan indonesia timur Rp.35 rbu sd Rp.50 rbu alasannya ialah ada biaya freight Cost
10. Sudah berapa item desain barang yang dibentuk Bonju Indonesia :
Saat ini 3 desain masing-masing Produk yaitu Cireng salju,Cuanki Salju dan Cireng Salju di tahun 2017 kami akan coba launching produk gres kembali yang ketika ini sedang kami develop.
11. Apa fokus perjuangan cireng salju :
Saat ini kami fokus dalam mengangkat hanya masakan lokal biar bisa Go Global.
12. Order yg paling berkesan dalma cireng salju :
Order yang paling berkesan ialah pada ketika awal-awal perjuangan cireng salju, alasannya ialah minim karyawan kami sendiri yang mengantarkan pribadi ke para distributor, Kadang-kadang sehabis sholat shubuh di mesjid masih pakai sarung kita kirim ke terminal untuk diangkut Bis-bis sehabis itu bergegas saya siap siap untuk bekerja kekantor. Namun sejalan dengan waktu ketika ini semua sudah tersusun rapi dalam delivery.
13. Suka Duka dlm menjalankan perjuangan cireng salju :
Menjalani Usaha Cireng Salju ini ialah hal yang paling menyenangkan. Bahkan, tak pernah ada sedih yang dirasa. "Tidak ada sedih semua suka. Duka itu tidak terlihat buat saya," katanya. Kuncinya hanya satu, bersyukur dan pintar menyikapi keadaan, Apapun yang dikerjakan harus sesuai dengan impian hati dan diri sendiri. Agar tak terasa berat dalam menjalani sehari-hari.Menurut kami, yang penting dalam menjalani sebuah Usaha ialah niat dan kemauan. Dengan modal itulah kami menjalani usaha hingga bisa hingga kini ini.
14. Omzet perjuangan kudapan manis Anda perbulan
Saat ini Omzet perbulan bisa mencapai 1,5 M lebih dengan 3 varian yaitu Cireng Salju, Cilok Salju dan Cuanki Salju
Berikut beberapa pola Produk Pa Najib:
![]() |
Cireng Salju |
![]() |
Cuanki Salju |
15. Tips Sukses (u/ dishare ke pembaca)
Bisnis masakan merupakan salah satu jenis bisnis yang paling banyak peminatnya,dan tidak ada matinya selama insan makan.Semakin banyak orang menggeluti bisnis ini semakin banyak bermacam-macam kuliner dan bermacam-macam persaingan.Namun tidak semua orang menggeluti bisnis ini bisa bertahan usang hanya orang yang bekerja keras yang sanggup bertahan.Tidak hanya itu kreatifitas dan penemuan diharapkan dalam bisnis ini.Dengan kompetisi dunia masakan semakin ketat.Sehingga yang perlu di cermati ialah : Target Pasar, Inovasi,Supplier materi baku yang kompetitif, Pengetahuan dan keahlian,Sabar di awal Usaha.namun tetap menjungjung Motto Bisnis Kita ialah CEPAT, MUDAH dan MENGHASILKAN (jika tidak ada salah satu unsur tersebut maka harus cepat-cepat kita tinggalkan) dan buatlah Super Team Serta Sistem yang besar lengan berkuasa biar bisnis bisa menjadi Bisnis AUTO-PILOT.
Tidak takut tersaingi
Banyaknya brand/merk cireng ketika ini sangat kami syukuri, alasannya ialah menjadi partner yang baik dalam mempopulerkan cireng menjadi salah satu masakan favorite masyarakat Indonesia. Hal ini juga memotivasi kami untuk selalu berinovasi sehingga dengan gembira kami mempersembahkan cireng salju dengan kelembutan cireng dan yang menjadi ciri khas produk kami yaitu tidak bertahan usang alasannya ialah tanpa memakai materi pengawet sama sekali jadi kondusif untuk semua kalangan dari anak kecil hingga orang dewasa, Harga produk ekonomis- Serta Kebersihan produk terjamin.
Berikut Profil dan Alamat dari pemilik perjuangan Cireng Salju:
Nama Lengkap : Najib Wahab Mauluddin
Tempat Tanggal Lahir : Bandung , 27 Desember 1983
Anak ke berapa dari berapa saudara : Anak ke-2 dari 3 Bersaudara
Pendidikan : S-1 Sarjana Teknik Elektro
Hobi : Masak, Golf
Makanan kesukaan : Makanan tradisional
Nama Suami+Anak : Istri : Fina Quarterina - Anak:Eizel dan Floria
Alamat yang bisa di hubungi ketika ini:
Alamat email : Najib[at]cirengsalju.com
Telefon: 081221302000
website :www.cirengsalju.com
Bagaimana Anda tertarik untuk bermitra dengan Bapak Najib? Silahkan hubungi ia sesuai dengan alamat diatas.
Untuk Pak Najib dan rekan rekan, selamat atas usahanya semoga sukses selalu dan menerima Barokah dari Allah Ta'ala.
Sumber https://www.tabloidwirausaha.com/