Tutorial Menciptakan Kaligrafi Islam Memakai Photoshop
Tutorial Membuat Kaligrafi Islam Menggunakan Photoshop - Pada postingan kali ini Tutorial Bagus akan mencoba mengajarkan Cara Membuat Kaligrafi Islam, sama dengan menciptakan Kaligrafi yang biasa ada dipasar, tapi bedanya ini dibentuk memakai Photoshop.
Sebenarnya Tutorial Membuat Kaligrafi Islam Menggunakan Photoshop ini hampir sama dengan postingan sebelumnya yaitu Tutorial Membuat Baground Efek Pelangi Menggunakan Photoshop cuman kita akan memcoba merubah Bursh'nya, aku akan mencoba menggunaka Burs Kaligrafi yang dapat anda download pada link dibawah nantinya.
Sebelum kita masuk ke Cara Membuat Kaligrafi Islam, anda harus menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut :
Berikut Tutorial Membuat Kaligrafi Islam Menggunakan Photoshop :
Langkah 1
Buat layer baru. Klik File -> New
Langkah 2
Warnai layer1 dengan warna hitam dengan Paint Bucket Tool. Caranya aktifkan/klik Paint Bucket Tool kemudian klikkan pada lembar yang barusan kita buat (layer1) pastikan warna Foreground hitam (tekan D pada keyboard, untuk mengembalikan warna foreground/background default hitam-kuning).
Langkah 3.
Buat layer gres lagi di atas layer1, caranya klik menu Layer -> New -> Layer -> OK maka akan muncul layer2 di atas layer1. Jika sudah kemudian klik Gradient Tool (untuk memberi warna gradien), pada option kafe pilih warna gradien yang mempunyai banyak warna. Kemudian untuk memulai mewarnai, klik dan tahan kemudian tarik kearah yang diinginkan. (di sini anda bebas menciptakan arah warna gradien, yang penting layer2 penuh warna warni biar akibatnya nanti keren J tapi aku sarankan buat gradiennya dari ujung kiri ke ujung kanan biar merata).
Buat layer gres lagi di atas layer1, caranya klik menu Layer -> New -> Layer -> OK maka akan muncul layer2 di atas layer1. Jika sudah kemudian klik Gradient Tool (untuk memberi warna gradien), pada option kafe pilih warna gradien yang mempunyai banyak warna. Kemudian untuk memulai mewarnai, klik dan tahan kemudian tarik kearah yang diinginkan. (di sini anda bebas menciptakan arah warna gradien, yang penting layer2 penuh warna warni biar akibatnya nanti keren J tapi aku sarankan buat gradiennya dari ujung kiri ke ujung kanan biar merata).
Langkah 4.
Selanjutnya masih pada layer2, ubah blend mode-nya menjadi Color. Maka layernya jadi kelihatan hitam semua.
Selanjutnya masih pada layer2, ubah blend mode-nya menjadi Color. Maka layernya jadi kelihatan hitam semua.
Langkah 5.
Sekarang pindah ke layer1, klik/aktifkan Layer 1. Klik Brush Tool kemudian tekan X pada keyboard untuk berganti warna foreground menjadi putih.
Sekarang pindah ke layer1, klik/aktifkan Layer 1. Klik Brush Tool kemudian tekan X pada keyboard untuk berganti warna foreground menjadi putih.
Pilih Burh yang sudah anda Download tadi, liat gambar dibawah :
Langkah 6
Buat layer gres dan letakkan diatas layer 1. Seperti gambar dibawah. Ini berkhasiat supaya kita dapat mengedit Bush yang akan kita gosokkan nanti.
Langkah 7
Pilih salah satu Bursh Kaligrafi yang anda minati dan gosokkan diatas Layer 3 yang gres dibentuk tadi. Seperti gambar dibawah.
Langkah 8
Klik 2x Layer 3 untuk mengubah Layer Style'nya. Atur menyerupai gambar dibawah :
Hasilnya menyerupai dibawah :
Hasil diatas sesudah aku rubah warnanya dengan cara IMAGE > ADJUSMENTS > HUE / SATURATION. Hasilnya menyerupai dibawah :
Hasil lain dari Tutorial diatas












