Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Tabungan Anda Hilang? Ini Syarat, Biaya Yang Harus Dipersiapkan

Cara Mengurus Buku Tabungan- Saat nasabah membuka rekening dan menabung di Bank niscaya mendapat kemudahan berupa buku tabungan yang berfungsi sebagai daerah catatan pembukaan dan rincian transaksi yang dilakukan selama mempunyai rekening tabungan tersebut. Semua transaksi nasabah akan tercatat baik kredit maupun debit dan lainnya. 

Dengan memakai buku Bank untuk buku tabungan, berfungsi juga untuk melaksanakan transaksi eksklusif melalui teller bank, sebab tanpa ada buku tabungan nasabah hanya sanggup melaksanakan transaksi melalui mesin ATM, itupun jikalau nasabah tersebut mempunyai kartu ATM.

 Saat nasabah membuka rekening dan menabung di Bank niscaya mendapat kemudahan berupa buk Buku Tabungan Anda Hilang? ini Syarat, Biaya Yang Harus Dipersiapkan

Begitu penting fungsi buku bank ini sehingga harus disimpan dengan baik biar tidak hilang atau tercecer, sehingga ketika diperlukan buku tersebut ada. Namun tidak menutup kemungkinan terjadi juga kehilangan buku tabungan, dan ini akan mempersulit anda jikalau ketika dibutuhkan, oleh sebab itu jikalau memang ini terjadi sebaiknya anda cepat mengambil tindakan.

Supaya buku bank tersebut tidak gunakan untuk hal-hal yang tidak kita inginkan sebaiknya anda segera melapor ke Bank bersangkutan guna untuk antispasi, dan jikalau buku tabungan hilang sudah tidak sanggup ditemukan lagi sebaiknya anda segera mengganti buku tabungan yang hilang.

Syarat Mengganti Buku Tabungan yang Hilang

Jika buku tabungan anda hilang, sebaiknya anda mengurus kembali biar anda sanggup mempunyai buku tabungan yang baru. Untuk sanggup mengurus buku tabungan yang hilang, sebaiknya anda mempersiapkan beberapa syarat yang diperlukan sebelum anda pergi ke kantor cabang bank yang anda gunakan. Syarat yang harus anda siapkan untuk mengurus Buku Rekening Bank Yang hilang yakni sebagi berikut:

  1. Surat Kehilangan dari kepolisian, sanggup anda dapatkan dari kepolisian terdekat daerah tinggal anda. 
  2. KTP/SIM atau Paspor, sebagai identitas pribadi anda untuk menunjukan bahwa anda pemilik buku tabungan atau rekening.
  3. Kartu ATM/ Debit Card, ini dipakai untuk langkah verifikasi yang akan dicocokan dengan data dibuku bank.
Baca Juga: Fisik Kartu Kredit Agar Tidak Rusak, Begini Cara Merawatnya

Cara Mengganti Buku Tabungan yang Hilang

Setelah persyaratan diatas sudah anda persiapkan, kemudian langkah selanjutnya anda sanggup eksklusif tiba ke kantor cabang bank terdekat di kota anda dan jangan lupa untuk membawa semua persyaratan yang telah dipersiapkan tadi. Bila masih resah anda sanggup minta derma satpam apa yang harus anda lakukan ketika ingin mengurus buku bank.

Biasanya anda akan dibawa menghadap ke custamer servis, nah disini silahkan Anda melaporkan keperluan yang berkenaan dengan buku tabungan yang hilang, sekaligus menyerahkan persyaratan yang dibutuhkan. Untuk verifikasi data biasanya anda akan ditanya “nama ibu kandung”.

Untuk proses pembuatan buku gres tidak terlalu usang jikalau persyaratan semua sudah terpenuhi, silanjutnya anda sanggup menunggu hingga proses menganti buku tabungan gres selesai.

Biaya Ganti Buku Tabungan Baru

Mengganti buku tabungan yang hilang atau rusak, pada dasarnya anda ingin mengganti buku tabungan gres akan dikenakan biaya manajemen penggantian buku tabungan. Besaran biaya manajemen untuk mengganti buku tabungan gres setiap bank tidak sama, itu tergantung dengan kebijakan dan ketentuan bank masing- masin.

Berdasarkan isu tabungan tiap bank, bahwa Bank BCA mematok biaya sebesar Rp5.000, BNI sebesar Rp15.000, BRI sebesar Rp25.000, dan Bank Mandiri sebesar Rp15.000. Biaya tersebut sanggup berubah sewaktu-waktu.

Semoga informasi Cara Mengurus dan Biaya ganti Buku Tabungan Yang Hilang ini sanggup bermanfaat bagi anda yangs sedang mengalami duduk perkara kehilangan buku tabungan atau buku tabungan rusak dan ingin mengurus ke bank dan mengganti dengan buku tabungan baru. Baca juga: Tips Merawat dan mengatasi Kartu Atm Tidak Terbaca.