Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Taktik Pemasaran Produk Yang Akan Meledakkan Penjualan Anda Secara Cepat

 Strategi pemasaran produk yaitu sesuatu yang wajib direncanakan oleh seorang pebisnis Tips Strategi Pemasaran Produk yang Akan Meledakkan Penjualan Anda Secara Cepat

Strategi pemasaran produk yaitu sesuatu yang wajib direncanakan oleh seorang pebisnis. Baik yang masih noob atau pun yang sudah profesional.

Itu dilakukan semoga pada ketika implementasi bisa menjangkau calon konsumen yang sesuai sasaran dan bisa menghasilkan jumlah penjualan yang jauh lebih banyak dibanding kompetitor.

Bukan hanya itu, hal yang tak kalah pentingnya yaitu bagaimana memakai dana seoptimal mungkin semoga lebih efektif bagi perusahaan.

Apalagi di zaman yang serba digital ini sudah semakin banyak tools yang disediakan oleh perusahaan besar menyerupai adwords yang digunakan untuk membantu pemasaran produk dengan biaya yang bisa diatur sendiri.

Salah-salah mengatur bisa menyebabkan pembengkakan pada biaya pemasaran.

Sebelum membahas lebih dalam perihal tips taktik pemasaran. Mungkin kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang perlu disiapkan semoga taktik bisa berjalan dengan lancar.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan pada Saat Merencanakan Strategi Pemasaran?

Tahap I Persiapan Strategi Pemasaran


1. Tentukan Target Konsumen Yang Jelas

Sebelum masuk ke tahap perencanaan taktik pemasaran. Ada baiknya bila Anda sebagai pengusaha mengetahui terlebih dahulu sasaran konsumen yang akan dituju.

Tanpa mengetahui sasaran pasar yang jelas, taktik pemasaran akan jadi tidak efektif. Malahan terkesan menyerupai menghambur-hamburkan uang.

Dengan mengetahui sasaran konsumen maka akan lebih gampang dalam menganalisa produk apa yang dijual. Contohnya Anda mau jual sepatu, maka yang harus dipertimbangkan adalah:

Sepatu apa yang mau dijual?Sepatu sekolah, sepatu lari, sepatu futsal, atau jenis sepatu yang lainnya?

 Bila hendak menjual sepatu sekolah, maka kelas berapa yang cocok memakai sepatu yang mau dijual?

Berapa kira-kira umur dan dimana kawasan tinggal calon konsumen yang mau membeli sepatu sekolah itu?

2. Tentukan Tujuan Akhir Dari Strategi Pemasaran yang Ingin Dilakukan

Tujuan selesai yaitu penggambaran secara umum perihal apa yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu.

Kaprikornus tak heran kalau seandainya tujuan selesai dijadikan hal wajib yang harus dipersiapkan. Beberapa pola tujuan selesai yang kerap kali digunakan untuk menyusun taktik pemasaran yakni :

a. Mengenalkan sepatu dengan merk baru
b. Menjual sepatu yang harganya murah.

Pada poin pertama biasa disebut awareness atau menyadarkan. Dan pada poin kedua disebut acquisition atau keuntungan.

3 Tentukan Lokasi atau Tempat Pemasaran Produk

Kesalahan umum yang terkadang dilakukan oleh para pemasar produk yakni tidak mengetahui secara detail dimana lokasi yang baik untuk memasarkan produk yang hendak dijual.

Akibatnya pekerjaan yang dilakukan hanya sia-sia dan tak menghasilkan apapun.

Maka dari itu, perlu dilakukan riset terhadap kawasan atau lokasi yang pas untuk memasarkan produk.

Sebagai pola kali ini yaitu sepatu sekolah online. Untuk taktik pemasaran yang baik hendaknya kita harus mengathui terlebih dahulu aplikasi online apa yang kebanyakan digunakan oleh anak muda.

Apakah facebook, instagram, ataukah youtube. Tempat pemasarannya harus ditentukan dengan pertimbangan yang akurat.

Memang di abad globalisasi ini sosial media mempunyai semakin banyak pengguna.

Tetapi apakah pengguna ini umurnya sesuai sasaran konsumen dari produk yang mau Anda pasarkan? Belum tentu juga.

4. Pikirkan Tentang Modal dan Biaya

Tidak bisa dipungkiri kalau problem biaya seringkali dipermasalahkan dalam urusan taktik pemasaran produk.

Yang harus diperhatikan yaitu apakah dalam channel pemasaran produk membutuhkan biaya atau tidak?

Bila iya, berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan dan berapa asumsi penghasilan yang bisa didapatkan nantinya dari cara pemasaran itu.

Setelah memikirkan semua persiapan dengan matang, maka sudah saatnya Anda untuk menyusun taktik yang efektif dan menjalankannya.

Baca Juga : 10 Bisnis dan Pekerjaan yang Cocok Untuk Wanita Muslimah Syar i

Tahap II Eksekusi Pemasaran Produk

Berikut yaitu 8 tips taktik pemasaran produk secara online yang paling efektif dan kalau diterapkan dengan baik bisa meningkatkan omset penjualan.

1. Melakukan Branding

Apa Anda tahu mengapa laptop Mac dikenal sebagai laptop performa terbaik dengan harga yang relatif mahal? Karena mereka sukses melaksanakan branding di pasaran.

Strategi pemasaran itu juga bisa kita lakukan. Sebagai seorang yang mau terjun ke dunia bisnis , Anda harus memikirkan bagaimana taktik terbaik untuk melaksanakan branding.

Beberapa teknik branding yang biasa dilakukan yaitu menciptakan logo yang menarik dan gampang untuk diingat.

Memilih nama perusahaan yang unik dan simpel, serta menciptakan tagline kreatif dan mempunyai makna mendalam.

2. Pemasaran Produk dengan SEO

SEO merupakan taktik pemasaran bisnis yang terbukti efektif untuk perjuangan kecil menengah, dan bisnis penjualan produk secara online melalui website pribadi. Mengapa? 

Karena SEO bisa mendatangkan banyak pengunjung website dari banyak sekali mesin pencari menyerupai Google dan Bing yang sanggup berpotensi jadi pembeli tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Namun dengan syarat SEO harus berjalan sukses dan website kita harus berada di halaman pertama Google.

Contoh Strategi Pemasaran SEO

SEO yaitu abreviasi dari Search Engine Optimization atau pengoptimasian suatu website atau blog pada mesin pencari.

Menurut data Internet Live Stats, ada sekitar 1,2 trilliun orang tiap harinya yang browsing melalui Google. Dan sebagian besar tujuannya untuk mencari info atau membeli barang.

Coba Anda pikir pake logika, ada berapa banyak calon pembeli yang berpotensi membeli produk yang Anda tawarkan apabila taktik pemasaran SEO ini berjalan lancar.

Namun untuk bisa menerapkan taktik SEO ini Anda terlebih dahulu harus punya website atau blog.

Kaprikornus apabila Anda ingin promosi dengan modal yang tidak terlalu banyak bisa dengan menerapkan taktik SEO.

3.  Pemasaran Produk Melalui Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan salah satu alternatif yang cocok untuk dijadikan taktik pemasaran yang hampir sama dengan SEO. Yakni sama-sama mengandalkan mesin pencari Google. Yang membedakan SEO dan SEM yaitu dari sisi biaya.

Kalau SEM berbayar sedangkan SEO gratis. Yang berbayar tentu mempunyai banyak keunggulan dari pada yang gratis.

Kita tidak perlu capek-capek berguru perihal SEO. Hanya tinggal membayar dalam jumlah tertentu kemudian boom!!! Website kita pribadi berada di halaman pertama.

Website yang memakai teknik pemasaran SEM biasanya ditandai dengan munculnya logo "Ad" pada bab awal paragrafnya.

Contoh Strategi Pemasaran SEM

Salah satu tools yang terkenal untuk mengimplementasikan taktik pemasaran produk dengan SEO yaitu Google Adword.

Google Adword mempunyai fitur yang sangat bermanfaat yaitu dalam hal riset dan penargetan kata kunci.

Dalam penggunaannya pun juga harus dengan cara yang benar.  Salah-salah justru hanya akan merugikan Anda.

4.  Pemasaran dengan Google Bisnisku

Google bisnisku yaitu solusi sempurna untuk dijadikan taktik dalam memasarkan produk secara lokal

Dengan memanfaatkan Google bisnisku, kita bisa mencantumkan alamat bisnis ke Google maps dan bisa muncul di search engine Google.

Contoh Strategi Pemasaran dengan Google Bisnisku

Google bisnisku juga bisa memunculkan review dan ulasan dari pengguna yang pernah memakai atau membeli produk Anda.

Semakin elok review atau ulasan yang diberikan,  maka semakin elok pula taktik pemasaran yang Anda terapkan.

5. Pemasaran Produk Dengan Email Marketing

Email marketing merupakan taktik pemasaran produk yang cukup efektif alasannya beberapa alasan ini :
  • Lebih terperinci siapa yang mendapatkan email.
  • Lebih pribadi alasannya langsung  menghubungi calon konsumen.
  • Biaya yang murah.
  • Hampir 35% orang di dunia mempunyai email.

Bila ingin menerapkan taktik email marketing. Anda bisa memakai MailChimp

Tetapi hanya terbatas pada 2000 pengiriman email setiap bulannya.

Satu hal yang tak kalah pentingnya dalam email marketing yaitu database calon konsumen yang ingin ditargetkan.

Nah, bab tersulitnya yaitu bagaimana cara mengumpulkan database ini.

Darimana kita bisa sanggup database untuk email marketing?

Caranya yaitu bisa dengan menawarkan  ebook yang bermanfaat di sosial media secara gratis dengan syarat harus mencantumkan alamat email pada kolom komentar.

Bisa juga dengan menanamkan plugin MailChimp pada blog atau website.

6.  Customer Relationship Management

Cara pemasaran produk yang satu ini mengutamakan bagaimana kita menjalin hubungan baik dengan calon konsumen maupun konsumen yang telah memakai jasa atau produk kita sebelumnya.

Dengan begitu maka produk dan merk kita akan menerima reputasi yang baik. Sehingga orang lain menjadi ingin tau dan ingin menggunakannya juga.

7. Pemasaran Produk dengan Affiliate Marketing

Strategi affiliate marketing sangat cocok untuk anda yang mempunyai banyak uang. Hasil yang didapatkan juga lebih instan dan cepat.

Strategi affiliate marketing merupakan taktik pemasaran yang memanfaatkan orang yang punya banyak followers atau interaksi dengan netizan sesuai dengan produk apa yang ingin kita jual. Baik itu di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, ataupun blog.

Strategi affiliate marketing biasa juga disebut taktik pemasaran buzzer. Dimana kita selaku pemilik produk membayar sejumlah uang semoga orang tersebut mau mempromosikan produk kita di sosial media mereka.

8. Pemasaran Produk dengan Content Marketing

Pemasaran dengan taktik ini bisa dilakukan pada taktik manapun.

Secara umum content marketing yaitu teknik menciptakan suatu konten baik berupa gambar, tulisan, audio, maupun video yang sifatnya membujuk calon konsumen untuk membeli produk kita.

Content marketing bisa dimplementasikan pada Facebook, Instagram, Youtube, website dan sejenisnya.

Penutup... 

Dengan menerapkan 8 taktik di atas maka dijamin produk Anda akan laris keras.

Jangan lupa untuk memilih terusan yang cocok semoga konsumen yang menjadi sasaran kita benar-benar terjangkau.

Untuk produk yang hanya dijual pada geografis lokal sebaiknya tidak memakai taktik pemasaran yang sifatnya global menyerupai cara diatas, kecuali Google Bisnisku.

Tidak problem bila Anda masih belum bisa menyusun taktik pemasaran produk dengan baik.

Karena memang butuh lebih banyak pengalaman dalam dunia marketing semoga taktik yang rencanakan benar-benar matang.

Cara terbaik untuk berguru taktik pemasaran yaitu bekerja sama dengan orang yang lebih berpengalaman terlebih dahulu.