Tugas Humas Dalam Organisasi Yang Wajib Anda Ketahui

- Peran dan kiprah humas dalam organisasi memang sangat penting pada suatu organisasi. Seorang humas harus bisa memahami seluk beluk dan banyak sekali informasi mengenai organisasi.
Bukan hanya itu, humas juga harus bisa membawa gambaran dari semua organisasi sehingga ia diharuskan untuk mempunyai penampilan dan tutur kata yang baik.
Humas harus bisa membuat nilai aktual untuk meningkatkan penjualan maupun gambaran aktual dari sebuah organisasi di mata masyarakat.
Tetapi sebelum kita membahas lebih jauh perihal kiprah humas dalam organisasi, terlebih dahulu kita harus tahu apa itu humas. Untuk lebih lengkapnya berikut rinciannya.
Daftar Isi
Apa Definisi Humas?
Hubungan Masyarakat (Humas) yaitu sebuah seni berkomunikasi dengan publik guna membangun saling pengertian, menghindari kesalahpahaman, mispersepsi, serta membangun gambaran aktual suatu forum atau organisasi. Humas biasa juga disebut dengan Public Relations (PR).
Berprofesi sebagai humas harus bertanggung jawab untuk memperlihatkan informasi, meyakinkan, mendidik, meraih simpati, serta membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu.
Apa yang Dimaksud dengan Media Humas?
Media Humas merupakan banyak sekali bentuk media (sarana/saluran/chanel) yang dipakai oleh seorang praktisi humas dalam pekerjaannya dengan maksud mempublikasikan secara luas supaya produk atau jasa yang humas pasarkan lebih dikenal oleh masyarakat.
Media Humas lebih kepada mempublikasi dan komunikasi. Media komunikasi yang dipakai oleh humas yaitu atas kemitraannya dengan media pers (cetak atau elektronik yang dikenal dengan media relations (hubungan media) atau press relations (hubungan pers).
Tugas Humas Dalam Organisasi

Pekerjaan seorang humas kebanyakan berada di luar ruangan atau di lapangan pribadi untuk mengedukasikan serta memperkenalkan kelebihan dari organisasinya dibanding yang lain.
Dengan demikian, minat masyarakat akan semakin besar untuk bergabung ke dalam organisasi atau hanya sekedar membeli produk yang ditawarkan oleh organisasi tersebut.
Tugas humas dalam organisasi sangatlah vital dalam upaya menjaga korelasi antara organisasi dengan stakeholder dan masyarakat sekitar.
Berikut ini beberapa kiprah humas dalam organisasi yang perlu Anda ketahui.
1. Mengelola Keadaan Darurat
Apabila ada suatu kondisi atau problem yang bisa merusak nama baik sebuah organisasi, contohnya sebab ada isu-isu negatif yang beredar di masyarakat, maka dalam situasi ini kiprah humas sangat dibutuhkan.
Karena kalau dibiarkan terus-menerus dikhawatirkan akan membuat nama baik organisasi tercoreng di mata publik.
Maka dari itu, salah satu kiprah humas dalam organisasi yaitu meredam dan mengatasi keadaan darurat supaya tidak hingga berkembang ke arah perpecahan dalam organisasi tersebut, termasuk mengembalikkan nama baik organisasi tersebut di mata masyarakat.
2. Strategi Komunikasi Publik
Tugas humas dalam organisasi yang berikutnya yaitu memberikan informasi mengenai organisasi kepada stakeholder terkait dan kepada masyarakat.
Agar bisa berperan sebagaimana mestinya yakni mendapatkan keluhan dan menjadi daerah dimana masyarakat bisa memperoleh informasi lengkap perihal organisasi, maka setiap humas selalu dilengkapi dengan contact center.
Bukan hanya itu, humas juga akan selalu bekerjasama dengan yang namanya media cetak, televisi, dan sebagainya yang bisa dipakai untuk memperlihatkan informasi terkait kondisi terkini organisasi tersebut.
Baca Juga : Membahas Lebih Dalam Apa Itu Public Speaking (Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Manfaat)
3. Hubungan Media

Salah satu kiprah humas dalam organisasi yaitu memelihara korelasi baik dengan semua awak media. Hal ini dikarenakan selalu terjadi korelasi antara humas dan media.
Terlebih lagi bila ada kabar terbaru terkait perkembangan jalannya organisasi. Tentunya awak media ikut andil di dalamnya.
Humas dan media harus bekerja sama dalam memberikan atau menyiarkan perkembangan organisasi seluas-luasnya. Sehingga dengan demikian nama organisasi bisa lebih dikenal oleh masyarakat banyak.
4. Sarana Marketing yang Handal
Humas sangat berperan penting dalam taktik marketing suatu organisasi. Terutama bila organisasi tersebut bergerak di bidang produksi suatu produk.
Disini humas sangat berperan sebagai faktor penggagas dalam meningkatkan peningkatan produk tersebut.
5. Menjangkau Kegiatan
Seorang humas profesional terkadang harus ikut serta dalam suatu kegiatan dengan membawa produk atau merk organisasi. Hal ini dilakukan untuk memperlihatkan dampak aktual pada nama baik organisasi.
Salah satu contohya dengan menjadi sponsor suatu kegiatan sekelas olimpiade. Dengan begitu maka nama organisasi akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.
6. Mengetahui dan Mengevaluasi Opini Publik
Seringkali kita menemukan banyak sekali opini negatif terkait organisasi. Akibatnya nama organisasi menjadi buruk.
Dengan adanya problem ini maka humas-lah yang bertanggungjawab dalam membasmi isu-isu yang sedang bermetamorfosis pembicaraan publik, terutama menyangkut organisasi yang dikelola.
Humas harus cekatan dalam mengevaluasi dan menganalisis isu-isu tersebut. Itulah alasan mengapa posisi humas harus berasal dari sumber daya insan yang berkompeten dibidangnya dengan ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai.
7. Mengelola Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu sarana bagi humas supaya bisa menjangkau lebih luas dan kompleks banyak sekali informasi yang beredar.
Dengan adanya teknologi dan jaringan internet akan mempermudah humas dalam melaksanakan tugasnya, yakni berinterkasi dengan netizen.
Namun dengan catatan humas harus memakai media umum secara bijak supaya bisa memaksimalkan tujuan dari organisasi yang dikelola.
Baca Juga : Membongkar 10 Tips Bagaimana Melatih Pola Pikir Out Of The Box (Di Luar Kotak)
Penutup
Itulah beberapa kiprah humas dalam organisasi. Apabila Anda berperan sebagai humas dalam organisasi maka Anda harus benar-benar memperhatikan beberapa kiprah di atas supaya sanggup meningkatkan kualitas dari organisasi yang Anda geluti.