Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Cake Marmer


Telur merupakan sebuah materi masakan yang multifungsi. Ia kaya akan protein, dan mendapatkannya pun masih tergolong murah, meski harganya sekarang kian melonjak. Selain tepung, gula, dan margarine/mentega, materi dasar lainnya yang dipelrukan ketika pembuatan cake ialah telur. 

Hal yang perlu diperhatikan ketika pengocokan telur ialah tingkat lamanya pengocokan telur. Batas waktu pengocokannya ialah sepuluh menit, sehingga ketika melebih waktu tersebut justru akan mengurangi zat emulsifier atau lechitin, sehingga adonan bukan semakin mengembang, akan tetapi malah menjadi semakin menurun. 

Ketika memakai pengocokan mixer, untuk mendapat adonan yang mengembang dan bagus, ada cara yang perlu diketahui. Yaitu, dengan pengocokan memakai tangan, kemudian memutar berlawanan dengan arah jarum jam. Dengan melaksanakan hal tersebut, udara yang akan terperangkap ke dalam adonan semakin banyak  sehingga menghasilkan pengembangan yang maksimal terhadap adonan dan waktu pengocokan semakin singkat. 

Baiklah, itulah sekilas mengenai pengocokan telur yang baik untuk menghasilkan adonan yang mengembang dengan maksimal. Selanjutnya, akan dibahas mengenai cara menciptakan cake marmer.

Bahan materi yang diharapkan :

300 gr margarin, bebas. Sesuai dengan yang diinginkan.
250 gr gula pasir
1 sendok teh vanili bubuk
10 buah telur, hanya kuningnya saja
10 buah telur, yang diharapkan putih telur ayamnya saja, kocok putih telur hingga kaku

Sebagai materi yang diAyak :
300 gr tepung terigu
1 sendok teh baking powder

Sebagai Adonan cokelat :
3 sendok makan cokelat bubuk
1 sendok teh cokelat pasta

Sebagai hiasan cake : gula bubuk dan stroberi segar

Setelah materi bahan terkumpul, langkah selanjutnya ialah membuatnya atau mengolah materi bahan semoga sanggup menjadi sebuah masakan yang disantap dan dihidangkan.

Cara menciptakan :

1. langkah awal, ambil oven, kemudian Panaskan panggangan tersebut di atas api dengan temperatur 175 derajat Celcius, kemudian siapkan loyang yang berbentuk cincin dengan ukuran 24 cm. Loyang tersebut, olesi dengan margarin brand bebas kemudian taburi terigu, kemudian sisihkan.

2. sesudah panggangan dan Loyang beres, mulailah menciptakan adonan. Kocok margarin, tambahkan dengan gula dan vanili, kocok hingga adonan mengembang. Lalu, Masukkan kuning telur dengan cara memasukkannya satu persatu. Sambil terus dikocok hingga adonan mengembang dengan maksimal atau mengembang. Kemudian, Masukkan campuran
tepung terigu sedikit-sedikit sambil terus diaduk degan rata.

3. selanjutnya, anda sanggup menambahkan telur putih dan mengkocoknya terus menerus  sambil aduk rata.

4.untuk Adonan cokelat : ambil 100 ml adonan, kemudian campurkan dengan cokelat bubuk yang ada, cokelat pasta, aduklah dengan rata, hingga risikonya pun merata.

5. langkah selanjutnya, Tuangkan setengah bab ari adonan putih tadi ke dalam loyang, kemudian ratakan, dan Tambahkan setengah bab adonan cokelat tadi, aduk dengan garpu hingga terbentuk marmer. Aduk dengan perlahan-lahan, semoga berbentuk marmer yang indah.

6. Tuangkan sisa adonan putih tadi dengan adonan cokelat yang ada, aduk kembali dengan garpu untuk mendapat bentuk marmer.

 7. langkah yang selanjutnya, Panggang adonan selama 45 menit, tunggu  hingga warnanya kecokelatan dan matang. Angkat lalu
dinginkan.

8. anda sanggup menghias camilan manis yang sudah matang dengan gula bubuk dan stroberi segar. Sajikan bersama kopi atau teh, sesuai dengan yang anda inginkan.

Bahan dengan ukuran di atas, sanggup dipakai atau dibentuk untuk enam belas potong.

Referensi :
Buku dasar bread, cake, and cookies. Pdf. www. SinarYong.com
Resep Persembahan indosiar.com
seluruh resep yang ditampilkan diambil dari transkripsi jadwal tayang Indosiar

sumber gambar : Google



Sumber http://caramu123.blogspot.com/